Mengembalikan MBR (Master Boot Record) / Grub setelah menghapus Linux dalam kondisi dual boot

12:54 PM


      Bagi mereka yang menginstal dual boot di laptop / PCnya, seperti Ubuntu dengan Windows 7 mungkin suatu hari akan bosan dengan Ubuntu terinstal di laptop / PCnya dan ingin menghapusnya. Kebetulan itu baru kemarin saya alami ketika saya menghapus partisi Ubuntu di laptop saya, kemudian saya restart tidak muncul saat booting grub harus ERROR alias. Tapi kemudian saya berhasil memperbaikinya, saya akan berbagi langkah-langkah untuk mengembalikan MBR error sebelumnya.

Langkah-langkahnya:
1. Masukkan CD/DVD Installer Windows 7, kemudian pilih "REPAIR COMPUTER"
(jangan pilih "Install Now").
2. Kemudian pilih "Command Prompt".
3. Setelah masuk ke Command Prompt, ketik:
     - bootrec.exe / fixmbr, kemudian ENTER
     - bootrec.exe / fixboot, kemudian ENTER
4. Kemudian restart Laptop/PC.
5. Completed.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »