Tips Mastering Linux secara cepat dan mudah

1:28 PM



Sebuah pertanyaan singkat dengan jawaban panjang. Sebenarnya tidak ada yang sulit di Linux jika Anda sudah memahami dasar-dasar mengoperasikan OS komputer. Jika Anda sudah terbiasa bekerja dengan Windows, maka dalam waktu singkat Anda akan segera memahami dan menguasai Linux.
Kesulitan yang dihadapi oleh pemula umumnya berkisar seputar pemilihan distro Linux (... ya, ada ratusan Linux 'type' di depan Anda! ...), Partisi dan instalasi teknik (tetangga pusing, kehilangan semua data pada hard drive mendorong karena mencoba untuk menginstal Linux ...)!, dan mengakses file data yang sudah ada (... apa yang akan terjadi ke data saya dalam Windows ...)?. Masalah berikutnya adalah pemilihan program kerja teknis dan penggunaan utilitas pada sistem Linux. Berikut tip-tip untuk Anda:
Tips 1: Pilih distribusi yang populer
Ya, cari informasi dan dapatkan CD instalasi sebuah distro yang populer di lingkungan Anda. Jika banyak rekan menggunakan Linux Ubuntu, kenapa tidak datang menggunakan Ubuntu. Jika warnet sebelah menggunakan SuSE Linux, SuSE CD ya melihat, aku akan ngobrol di kafe sebelah. Semakin populer distro pilihan Anda, lebih banyak mitra yang memahami dan siap membantu Anda kesulitan.
Tips 2: Gunakan Live CD
Apa itu Live CD? ... Ini adalah salah satu dari penggunaan inovatif dari sistem operasi Linux. Anda tidak perlu menginstal Linux atau mengorbankan isi harddisk Anda untuk mengoperasikan Linux. Dengan Live CD, Anda dapat menjalankan Linux pada komputer Anda aman (baca: Windows) melalui CD. Anda tinggal boot komputer dengan Live CD, tunggu dulu, sekarang ... beroperasi instan 'Linux komputer' Anda.
Meskipun lari dari CD, Anda dapat menggunakan program utilitas Linux dan lengkap dan normal seperti jika Anda menjalankan Linux yang diinstal pada hard drive. Selesai sesi dengan Live CD ber-Linux, Anda dapat kembali menggunakan OS lama di harddisk, seperti di masa lalu.
Sementara ada beberapa pilihan distro Linux Live CD (nah!). Bingung pilih Live CD? ingat Tip tidak. 1 Jika Anda sudah familiar dengan teknik pengoperasian Linux, Install Linux baru pada hard drive Anda secara permanen.
Tip 3: Baca dan baca!
Anda telah kesulitan mendapatkan mitra yang kuat di Linux? Jangan putus asa, Linux menyediakan dokumentasi lengkap tentang berbagai hal pada topik, teknik, atau program yang ingin Anda ketahui. Sebagian dokumentasi bahkan telah disajikan dalam bahasa Indonesia.
Hari ini juga menyediakan buku-buku Linux, pilih (... dan beli) topik buku sesuai dengan kebutuhan anda. Atau, internet tersedia beragam artikel dan panduan teknis mengenai penggunaan Linux yang siap untuk Anda download secara gratis.
Tips 4: Sedia payung sebelum hujan
Backup semua data pada hard drive Anda sebelum menginstal Linux. Dalam banyak kasus, karena salah langkah, seluruh isi hard drive menghilang setelah mencoba menginstal Linux. Bersiaplah untuk mencicipi data CD atau memindahkan ke harddisk lain.
Semua menjadi lebih mudah dan lebih cepat jika Anda menginstal Linux pada harddisk kosong / baru, tapi jika tidak ada, maka backup data selalu disarankan. Jika Anda telah menempatkan data pada folder tersendiri, partisi tersendiri, atau bahkan harddisk tersendiri, maka prosedur pembackupan dan pemulihan data (jika diperlukan) akan menjadi mudah dan cepat. Namun, jika data Anda tersebar di berbagai pelosok folder, maka sekarang saatnya Anda belajar berdisiplin dalam mengelola data dengan benar dan efisien. Lakukan sebelum terlambat.
Tip 5: Mengapa repot-repot?
"... Kenapa saya harus pusing memikirkan hal-hal teknis, pilih distribusi, partisi, instal, backup, apalagi saya menggunakan Windows juga tidak pernah bingung cara menginstal,? Pilih OS, aplikasi, bla bla. Semua sudah siap pada PC baru saya hanya! ingin menggunakan Linux aman dari sweeping, saya hanya perlu PC untuk membuat surat dan laporan rutin ... "!.
Jadi kira-kira ekspresi relasi. Ya, ada kebenaran dalam pemikiran ini. Anda tidak perlu repot memikirkan hal-hal teknis untuk bekerja dengan komputer Linux. Di luar ada banyak penyedia layanan teknis yang akan membantu dalam sistem transisi di kantor Anda. Sisihkan sedikit anggaran bagi persiapan sistem Linux di PC, dan Anda hanya menggunakannya. Mudah seperti yang Anda lakukan ketika menggunakan Windows.
Tip 6: Banyak jalan menuju data yang
Sama seperti di Windows, Anda dapat bekerja dan memilih aplikasi tertentu untuk melakukan tugas tertentu. Anda hanya perlu tahu perbatasan aplikasi dan alternatif-alternatif program yang dapat Anda gunakan. Linux memiliki beragam software untuk berbagai keperluan. Cara beroperasi sama pada umumnya. Buka, Tutup, Save, Copy, Paste, adalah terminologi standar yang Anda dapat mengenali di setiap program aplikasi, termasuk Linux.
Sebagian besar aplikasi Linux dapat membaca dan memproses jenis data yang telah Anda buat atau Anda miliki ketika menggunakan Windows. Misalnya, jika file data dokumen, jika tingkat data, file presentasi, gambar, film dan lagu untuk koleksi. Lihat Tips 2 untuk membiasakan diri dengan aplikasi Linux.
Tip 7: Siapkan kopi dan cemilan :)
Ini yang paling Anda perlukan jika Anda memutuskan untuk menginstal Linux sendiri dan mulai mencoba program / utilitas di Linux. Bisa jadi Anda akan berlama-lama di depan monitor hanya untuk menunggu progress bar di layar segera selesai, dan Anda tidak bisa bermain hewan peliharaan MP3.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »