Generasi Android

11:20 PM




Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis linux. Bersama-sama dikembangkan oleh Google Android, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, NVIDIA yang tergabung dalam OHA (Open Handset Alliance) dengan tujuan membuat sebuah standar terbuka untuk perangkat mobile (ponsel).


Fitur yang disediakan oleh android sampai saat ini meliputi: Kerangka yang mendukung penggantian komponen dan reuseable, Dalvik Virtual Machine yang berjalan pada kernel Linux dan dioptimalkan untuk perangkat mobile, browser Terpadu berdasarkan mesin open source WebKit, grafis yang dioptimalkan dan didukung oleh 2D dan grafis 3D perpustakaan, SQLite untuk penyimpanan data, dukungan media yang mendukung audio, video dan foto, telepon GSM (tergantung hardware), Bluetooth, EDGE, 3G dan WiFi (hardware dependent), mendukung perangkat tambahan seperti kamera, layar sentuh, GPS , accelerometer, magnetometer, sentuh multi, dapat menggunakan dua atau lebih jari untuk berinteraksi dengan perangkat, Pembangunan Pasar, Lingkungan.


Berikut adalah pengembangan Generasi Android:



Android 1.1 : 
Pada tanggal 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), mengirimkan pesan ke Gmail, dan pemberitahuan email.




Android 1.5 (Cupcake) :  Dikenal dengan nama Cupcake, yang diperkenalkan pertengahan Mei 2009 dengan menggunakan SDK (Software Development Kit). Ada beberapa update termasuk penambahan beberapa fitur: kemampuan untuk merekam dan menonton video dengan modus kamera untuk meng-upload video ke youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan untuk secara otomatis terhubung ke headset Bluetooth , layar animasi dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem. Ponsel yang termasuk dalam generasi ini meliputi: Samsung Galaxy Spica, DXT Motorola, Motorola Cliq Xt.




Android 1.6 (Donut) Dikenal sebagai Donut, dirilis pada September 2009 dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dari sebelumnya, penggunaan indikator baterai dan VPN kontrol applet, tetapi fitur lain yang disebut galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus, kamera, camcorder dan galeri ter integrasi, CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan teks-to-speech engine, kemampuan untuk memanggil kontak, perubahan teknologi untuk teks pidato (tapi hanya beberapa jenis ponsel yang mendukung fitur). Ponsel yang termasuk dalam generasi ini meliputi: Quench Motorola, Tiphone A85, Experia X10, Acer, LG Optimus satu, Nexian Journey.





Android 2.0/2.1 (Eclair) : Dikenal sebagai Eclair ini dirilis 3 Desember 2009, perubahan yang dilakukan untuk optimalisasi perangkat keras, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan untuk HTML5, daftar kontak baru, dukungan untuk kamera 3,2 MP flash, digital zoom, dan Bluetooth 2.1. Ponsel yang termasuk dalam generasi ini meliputi: Samsung Spica, Samsung Vibrant, Motorola Milestone, LG Optimus 2x.





Android 2.2 (Froyo)
Dikenal sebagai Froyo / beku / Yogurt diluncurkan 20 Mei 2010, Perubahan pada versi sebelumnya termasuk dukungan untuk Adobe Flash 10.1, kinerja kecepatan dan penerapan 2 sampai 5 kali lebih cepat, integrasi mesin V8 JavaScript yang digunakan untuk mempercepat kemampuan Google Chrome render browser, instalasi aplikasi di SD Card, kemampuan hotspot WiFi portabel, dan kemampuan untuk auto update dalam aplikasi Android Market. Ponsel yang termasuk dalam generasi ini meliputi: Samsung Galaxy Ace, Experia X8, Samsung Galaxy Tab, AHA Touch.





Android 2.3 (Gingerbread) :  Disebut dengan Gingerbread diluncurkan 6 Desember 2010, ada perubahan dari versi ini adalah peningkatan kemampuan dari permainan (game), meningkatkan fungsi copy paste, antarmuka tampilan (User Interface) didesain ulang, dukungan untuk format video VP8 dan WebM, audio baru efek (reverb, pemerataan, virtualisasi headphone, dan bass boost), mendukung kemampuan Near Field Communication (NFC), dan jumlah dukungan lebih dari satu kamera. Ponsel yang termasuk dalam generasi ini meliputi: Sony Ericsson Arc, Samsung Galaxy S, Nexus S, HTC Desire.




Android 3.0 (Honeycomb)
Dikenal sebagai Honeycomb, Android dirancang khusus untuk generasi tablet, dengan ukuran layar lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena ia dirancang untuk dukungan tablet, multi-prosesor dan akselerasi hardware (perangkat keras) untuk grafis. Ponsel yang termasuk dalam generasi ini meliputi: Motorola Xoom, Samsung Galaxy Tab 2, HTC Pyramid, Sony Ericsson PSP.






Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)Ice Cream Sandwich, Setelah bulan Februari, Honeycomb sistem operasi Android diluncurkan untuk tablet, kali ini Google melakukan meningkatkan kembali ke sistem operasi terbaru yang ditujukan untuk jajaran ponsel pintar Android 4.0 dengan nama Ice Cream Sandwich. Berbagai fitur yang disajikan dalam sistem operasi, yang akan memberikan pengguna mudah dan lebih ramah (18/10).



Android Jelly Bean (will soon release) : Menurut sumber yang dapat dipercaya, generasi Android Ice Cream Sandwich setelah akan dipanggil dengan nama "Jelly Bean", yang melanjutkan penamaan oleh Goolge pada makanan manis dan urutkan berdasarkan abjad. Tetapi tidak ada informasi tentang nomor versi dari Android Jelly Bean. Sistem operasi Android dimulai dari Cupcake Android (1,5), Android Donut (1,6), Android Š™clair (2,1), Android Froyo (2,2), Android Gingerbread (2,3), dan terbaru yang akan diperkenalkan adalah Sandwich Es Krim Android. Dan seperti yang telah diberitakan sebelumnya bahwa Google akan memperkenalkan Android Sandwich Es Krim dengan Nexus Perdana perangkat pertama yang diproduksi oleh Samsung pada bulan Oktober / November 2011. Jelly Bean dan kemungkinan Android akan diluncurkan pada tahun 2012.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »